Senin, 19 September 2011

JARINGAN KOMPUTER dan KOMUNIKASI DATA


BAB I
PENGKODEAN DATA/DATA ENCODING
            Sistem yang merubah sinyal analog menjadi sinyal digital disebut akuisisi data.Ada 4 komponen yang penting dalam akuisisi data:
1.Input analog
2.Output analog
3.Input/output digital
4.counter/timer
TEKNIK ENCODING
Modulasi merupakan proses encoding sumber data dalam satu sinyal carrier dengan frekuensi empat kombinasi yang muncul dari komunikasi adalah:
1.data digital,sinyal digital
2. Data analog, sinyal digital
3.  Data digital, sinyal analog
4. Data analog, sinyal analog

Ketentuan dalam proses encoding
1.      Unipolar : Semua elemen-elemen sinyal dalam bentuk yang sama
2.      Polar : Satu state logic dinyatakan oleh tegangan positif dan sebaliknya oleh tegangan negatif
3.      Rating Data : Rating data transmisi data dalam bit per secon
4.      Durasi atau panjang suatu bit Waktu yang dibutuhkan pemancar untuk memancarkan bit
5.      Rating modulasi : Rating dimana level sinyal berubah dan diukur dalam bentuk baud=elemen-elemen sinyal per detik
6.      Tanda dan ruang : Biner 1 dan biner 0 berturut-turut



Format Pengkodean Sinyal Digital

1.      NONRETURN TO ZERO (NRZ)
a.       Nonreturn-to-Zero-Level (NRZ-L)
Yaitu suatu kode dimana tegangan negatif dipakai untuk mewakii suatu binary dan tegangan positif dipakai untuk mewakili binary lainnya.
b.      Nonreturn to Zero Inverted(NRZI)
Yaitu suatu kode dimana suatu transisi (low ke high atau high ke low ) pada awal suatu bit time akan dikenal sebagai binary “1” untuk bit time tersebut,tidak ada transisi berarti binary “0”. Adapun kelemahan dari NRZ-L maupun NRZI adalah terbatasan dalam komponen DC dan kemampuansynchronisasi yang buruk.

2.      MULTILEVEL BINARY
a.        Bipolar-AMI (Alternate Mark Inversion)
Yaitu suatu kode dimana binary “0” diwakili dengan tidak adanya line sinyal,dan binary “1” diwakili oleh suatu pulsa positif atau negatif.

b.      Pseudoternary
Yaitu suatu kode dimana binary “1” diwakili oleh ketiadaan line sinyal dan binary “0” oleh pergantian pulsa-pulsa positif dan negatif.
3.      BIPHASE
a.       Manchester
Yaitu suatu kode dimana ada suatu transisi pada setengah dari periode.Tiap bit transisi low ke high mewakili “1” dan high ke low mewakili “0”.
b.      Differential manchester
Yaitu suatu kode dimana binary “0” diwakii oleh adanya transisi di awal periode suatu bit dan binary “1”.


Data Digital, Sinyal Analog
Contoh: transmisi data digital melalui jaringan telepon publik (PSTN); perangkat digital dihubungkan ke jaringan melalui modem.


Data Analog, Sinyal Digital
Setelah konversi data analog ke data digital, proses selanjutnya adalah salah satu dari 3 cara berikut:
1.      Data digital langsung ditransmisikan dalam bentuk NRZ-L
2.      Data digital dikodekan sebagai sinyal digital dengan menggunakan kode selain NRZ-L
3.      Data digital dikonversi menjadi sinyal analog, dengan menggunakan teknik modulasi teknik   dasar yang digunakan dalam codec:


Data Analog, Sinyal Analog
Alasan utama diperlukannya modulasi analog:
1.      Transmisi efektif terjadi pada frekuensi tinggi
 Memungkinkan frequencydivision multiplexing


BAB II

Komputer dan NIC
A.   Komputer dan Sejarahnya

1.      Pengertian Komputer
Komputer berasal dari bahasa latin computare yang berarti menghitung. Karena luasnya bidang garapan ilmu computer.Menurut Hamacher, komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.

2.      Generasi Komputer
Generasi Pertama           (1946 - 1959)
Generasi Kedua                (1959 - 1964)
Generasi Ketiga                (1964)
Generasi Keempat          (1971 )
Generasi Kelima               (2001 - Sekarang)

3.       Hardware dan Media Penyimpanan Komputer
a.       Hardware
·         Motherboard
Motherboard merupakan pusat Printed Circuit Board (PCB) dalam beberapa sistem elektronik yang kompleks, seperti modern komputer pribadi. Motherboard ini kadang-kadang juga dikenal sebagai mainboard, board sistem.
Sebuah komponen penting dari motherboard adalah pendukung mikroprosesor chipset, yang menyediakan antarmuka pendukung antara CPU dan berbagai komponen bus dan eksternal. Chipset ini menentukan, untuk suatu hal, fitur dan kemampuan dari motherboard ini.

Motherboard modern mencakup, sekurang-kurangnya:
~soket (atau slot) di mana satu atau lebih mikroprosesor dipasang
~slots ke sistem yang memori utama yang terinstal (biasanya dalam bentuk DIMM yang berisi modul-modul DRAM chip)
~sebuah chipset yang membentuk sebuah antarmuka antara CPU's front-side bus, memori utama, dan perangkat bus
~non-volatile memory chips (usually Flash ROM dalam motherboard modern) yang berisi sistem firmware atau BIOS
~sebuah clock generator yang menghasilkan sistem sinyal clock untuk menyinkronkan berbagai komponen
~slot untuk kartu ekspansi (antarmuka ini ke sistem melalui bus didukung oleh chipset)
~konektor power berkedip-kedip, yang menerima tenaga listrik dari catu daya komputer dan mendistribusikannya ke CPU, chipset, memori utama, dan kartu ekspansi.

·         CPU soket
Sebuah CPU CPU soket atau slot adalah komponen listrik yang melekat pada papan sirkuit cetak (PCB) dan dirancang untuk rumah CPU (juga disebut mikroprosesor).

·         PSU
PSU adalah komponen yang memasok listrik ke komponen lain dalam komputer. Lebih khusus, unit suplai daya biasanya dirancang untuk mengkonversi untuk tujuan umum alternating current (AC) dari listrik utama (100-127V di Amerika Utara, sebagian Amerika Selatan, Jepang, dan Taiwan; 220-240V di sebagian besar seluruh dunia) untuk digunakan rendah daya DC tegangan untuk komponen internal komputer.

·         Processor
sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali computer yang didukung oleh kompunen lainnya. Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh motherboard, dan dapat diganti dengan processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard.
Bagian terpenting dari prosesor terbagi 3 yaitu :
·         Aritcmatics Logical Unit (ALU)
·         Control Unit (CU)
·         Memory Unit (MU)

·         VGA Card
VGA (Video Graphics Adapter) adalah standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987. Walaupun standar VGA sudah tidak lagi digunakan karena sudah diganti oleh standar yang lebih baru, VGA masih diimplementasikan pada Pocket PC. VGA merupakan standar grafis terakhir yang diikuti oleh mayoritas pabrik pembuat kartu grafis komputer. Tampilan Windows sampai sekarang masih menggunakan modus VGA karena didukung oleh banyak produsen monitor dan kartu grafis.


·         Chipset
Fungsi chipset pada motherboard tidak sama dengan chipset pada kartu-kartu ekspansi. Begitu pula fungsi chipset pada peralatan komputer lainnya. Masing-masing memiliki fungsi sendiri yang bersifat spesifik.
Chipset pada video card berfungsi untuk mengontrol rendering grafik 3 dimensi dan output berupa gambar pada monitor. Sedangkan chipset pada motherboard berfungsi untuk mengontrol input dan output (masukan dan keluaran) yang mendasar pada komputer.

·         Input/Output Devices
Unit Input/Output (I/O) adalah bagian dari sistem mikroprosesor yang digunakan oleh mikroprosesor itu untuk berhubungan dengan dunia luar.
Unit input adalah unit luar yang digunakan untuk memasukkan data dari luar ke dalam mikroprosesor ini, contohnya data yang berasal dari keyboard atau mouse. Sementara unit output biasanya digunakan untuk menampilkan data, atau dengan kata lain untuk menangkap data yang dikirimkan oleh mikroprosesor, contohnya data yang akan ditampilkan pada layar monitor atau printer.
                        Contoh-contoh perangkat I/O:
*      Keyboard
Merupakan peranti untuk mengetik atau memasukkan huruf, angka, atau simbol tertentu ke perangkat lunak atau sistem operasi yang dijalankan oleh komputer.
*      Mouse
alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer selain papan ketik.
Mouse  pertama kali dibuat pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart berbahan kayu dengan satu tombol. Model kedua sudah dilengkapi dengan 3 tombol. Pada tahun 1970, Douglas Engelbart memperkenalkan mouse yang dapat mengetahui posisi X-Y pada layar komputer, mouse ini dikenal dengan nama X-Y Position Indicator (indikator posisi X-Y).
*      Printer

Printer atau pencetak adalah alat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik, di atas kertas.
*      Scanner
Pemindai atau scanner merupakan suatu alat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda, seperti dokumen, foto, gelombang, suhu dan lain-lain. Hasil pemindaian itu pada umumnya akan ditransformasikan ke dalam komputer sebagai data digital. Terdapat beberapa jenis pemindai bergantung pada kegunaan dan cara kerjanya,yaitu sebagai berikut:
- pemindai gambar
- pemindai barcode
- pemindai sinar-X
- pemindai cek
- pemindai logam
- pemindai Optical Mark Reader (OMR)

b. Media Penyimpanan Data
·         Memory
Memori adalah istilah generik bagi tempat penyimpanan data dalam komputer. Beberapa jenis memori yang banyak digunakan adalah sebagai berikut:
- Register prosesor
- RAM atau Random Access Memory
- Cache Memory (SRAM) (Static RAM)
- Memori fisik (DRAM) (Dynamic RAM)
- Perangkat penyimpanan berbasis disk magnetis
- Perangkat penyimpanan berbasis disk optik
- Memori yang hanya dapat dibaca atau ROM (Read Only Memory)
- Flash Memory
- Punched Card (kuno)
- CD atau Compact Disk
- DVD

·         Register Prosessor
Register prosesor dalam arsitektur komputer, adalah sejumlah kecil memori komputer yang bekerja dengan kecepatan sangat tinggi yang digunakan untuk melakukan eksekusi terhadap program-program komputer dengan menyediakan akses yang cepat terhadap nilai-nilai yang umum digunakan.
            Jenis-Jenis Register:
*      Register data, yang digunakan untuk menyimpan angka-angka dalam bilangan bulat (integer).
*      Register alamat, yang digunakan untuk menyimpan alamat-alamat memori dan juga untuk mengakses memori.
*      Register general purpose, yang dapat digunakan untuk menyimpan angka dan alamat secara sekaligus.
*      Register floating-point, yang digunakan untuk menyimpan angka-angka bilangan titik mengambang (floating-point).
*      Register konstanta (constant register), yang digunakan untuk menyimpan angka-angka tetap yang hanya dapat dibaca (bersifat read-only), semacam phi, null, true, false dan lainnya.
*      Register vektor, yang digunakan untuk menyimpan hasil pemrosesan vektor yang dilakukan oleh prosesor SIMD.
*      Register special purpose yang dapat digunakan untuk menyimpan data internal prosesor, seperti halnya instruction pointer, stack pointer, dan status register.

·         RAM (Random Access Memory)
sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori.

·         ROM (Read Only Memory)
ROM ini sifatnya permanen, artinya program / data yang disimpan didalam ROM ini tidak mudah hilang atau berubah walau aliran listrik di matikan.

Jenis-jenis ROM:
- Mask ROM
- PROM
- EPROM
- EAROM
- EEPROM
- Flash Memory

·         Flash memory
Flash memory adalah sejenis EEPROM yang mengizinkan banyak lokasi memori untuk dihapus atau ditulis dalam satu operasi pemrograman.

·         CD-ROM
CD-ROM (Compact Disc - Read Only Memory) merupakan sebuah piringan kompak dari jenis piringan optik (optical disc) yang dapat menyimpan data. Ukuran data yang dapat disimpan saat ini bisa mencapai 700MB atau 700 juta bita.

·         CD-RW
Compact Disk Rewritable disingkat CD-RW adalah CD-ROM yang dapat ditulisi kembali. CD-RW menggunakan media berukuran sama dengan CD-R.

·         DVD
DVD adalah sejenis cakram optik yang dapat digunakan untuk menyimpan data, termasuk film dengan kualitas video dan audio yang lebih baik dari kualitas VCD.

B.   Network Interface Card

Network interface card disingkat NIC atau juga network card) adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Jenis NIC yang beredar, terbagi menjadi dua jenis, yakni NIC yang bersifat fisik, dan NIC yang bersifat logis.
·         NIC fisik
NIC fisik umumnya berupa kartu yang dapat ditancapkan ke dalam sebuah slot dalam motherboard komputer, yang dapat berupa kartu dengan bus ISA, bus PCI, bus EISA, bus MCA, atau bus PCI Express.
·         NIC logis
NIC logis merupakan jenis NIC yang tidak ada secara fisik dan menggunakan sepenuhnya perangkat lunak yang diinstalasikan di atas sistem operasi dan bekerja seolah-olah dirinya adalah sebuah NIC.


0 komentar:

Posting Komentar